“Suling Aksa” atau “Susu Keliling Aneka Rasa” merupakan salah satu rangkaian acara Pra Hari Susu Nusantara Undip 2023. Kegiatan suling aksa ini merupakan kegiatan bagi-bagi susu yang ditujukan kepada masyarakat, pelajar SD dan civitas akademika Undip untuk mengkampanyekan pentingnya konsumsi susu. Suling Aksa SD telah dilaksanakan pada Jumat, 19 Mei 2023 di SDN Bulusan. Acara Suling SD disambut antusiasmedengan partisipasi aktif mereka dalam edukasi pentingnya minum susu dan mini games. Susu yang dibagikan untuk suling SD berupa susu pasteurisasi olahan panitia HSN yang dibuat pada pukul 5 pagi agar tetap terjaga kesegarannya.

Selanjutnya, tidak puas dengan Suling SD, Panitia melaksanakan “Suling Undip” yang dilaksanakan pada Rabu-Jumat, 24-26 Mei 2023 dengan tujuan menyehatkan Undip sekaligus sebagai puncak acara terbesar dari rangkaian HSN. Suling Aksa Undip menyapa 11 fakultas dan 1 sekolah vokasi yang ada di Undip. Susu yang dibagikan berupa susu cup coklat dari PT Cita Nas sejumlah 150 cup/fakultas dan susu pasteurisasi olahan panitia sebanyak 25 botol/fakultas. Kegiatan ini juga diselingi mini games pertanyaan seputar HSN untuk mendapatkan susu botol pasteurisasi.

“Dengan adanya kegiatan bagi-bagi susu yang diadakan HSN jadi menyadarkan kalau konsumsi susu itu penting untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi para deadliner seperti kita. Susu pasteurisasinya enak, gurih, dan banyak banget rasanya. Makasih sudah mengadakan Suling Aksa di SV Peleburan, jarang banget ada kegiatan kayak gini di Peleburan.” Ujar Lukas, mahasiswa D4 Akuntasi Perpajakan, Sekolah Vokasi.

Rangkaian Pra HSN berjalan dengan lancar dan disambut paling meriah oleh mahasiswa FPP yang diadakan di gazebo kantin. Warga FPP sangat antusias untuk mendapatkan susu pasteurisasi dengan menjawab pertanyaan khusus dari panitia. “Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat memberi pengertian kepada teman-teman semua tentang Hari Susu Nusantara dan pentingnya konsumsi susu” Pungkas Ketua Program Studi S1 Peternakan, Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P. Ph.D.

HSN UNDIP 2023

“GENERASI MAJU, JANGAN LUPA MINUM SUSU”